Buku pelayanan prima instansi pemerintah ini mencoba mengungkapkan secara kritis bagaimana kondisi sebenarnya pelayanan prima di instansi pemerintah di Indonesia.di pahami pelayanan prima merupakan terjemahan istilah “excellent service” yang secara harfiah artinya pelayanan terbaik atau pelayanan yang sangat memuaskan. Disebut sangat memuaskan atau terbaik karena sesuai dengan standar pelay…
With recent advances and investment in artificial intelligence, are we on the verge of introducing virtual public servants? Governments around the world are rapidly deploying robots and virtual agents in healthcare, education, local government, social care, and criminal justice. These advances not only promise unprecedented levels of control and convenience at a reduced cost but also claim to c…
The Role of the Electronic Resources Librarian focuses on longstanding hurdles to the transition of libraries from print collections, to online information services, all from an Electronic Resources Librarian (ERL) perspective. Problems covered include cost containment for electronic serials, web design, discovery, customer service, efficiency, and adapting organizations to the needs of contemp…
Pelayanan publik dimaknai sebagai segala usaha yang dilakukan oleh orang atau badan di dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini dapat dilakukan oleh pihak swasta, tetapi yang berperan paling penting di dalam memenuhi kebutuhan rakyat adalah negara melalui aparatur negara. Namun ketika pelayanan publik memberi peluang memperoleh keuntungan, praktik pelayanan publik oleh aparatur negara yang …
• Emphasizes the essential uniqueness of service management. • Covers historical context and the service enterprise supporting competitive strategy, managing service enterprises, and forecasting and managing service inventory. • Includes updates on recent advances in data analytics and the Internet of Things (IoT), an extension of the Internet into our everyday lives.
Pelayanan nasabah/customer merupakan salah satu ujung tombak perusahaan dalam menjual produknya. Banyak tidaknya nasabah serta volume pembelian nasabah sangat besar pengaruhnya dari cara kerja melayani nasabah/customer tersebut. Isi buku ini merupakan gabungan beberapa teori serta berbagai pengalaman penulis sebagai suatu praktik di lapangan sehingga buku ini dapat memberikan informasi terutama…
New Public Service (NPS) sebagai paradigma terbaru dari administrasi publik meletakkan pelayanan publik sebagai kegiatan utama para administrator negara/daerah. Salah satu intisari dari prinsip NPS adalah bagaimana administrator publik mengartikulasikan dan membagi kepentingan (shared interests) warga negara melalui pelayanan publik. Berbagai riset, penelitian, ide, gagasan dan kajian tentang k…
Kemunculan kepemimpinan Joko Widodo sebagai Presiden Ke-7 Republik Indonesia kerap dianggap sebagai era kebangkitan new politics, representasi pemimpin rakyat, dari bawah, dari daerah, dan sosok yang inovatif. Dalam kombinasi kehadiran Joko Widodo dan kemunculan anak muda milenial dalam lanskap transformasi sosial kekinian seperti saat ini, menjadi sebuah keharusan bagi dunia literatur Indonesi…
Perencanaan dan penganggaran daerah merupakan salah satu tahapan dari siklus APBD (penyusunan APBD). Dalam praktiknya, tidak sedikit permasalahan yang terjadi ketika perencanaan dan penganggaran daerah dilakukan, baik menyangkut proses maupun substansinya.
Sudah banyak buku referensi maupun textbook yang menyajikan teori dan praktik perihal kehumasan (public relations), namun demikian, sangat jarang yang mengupas secara khusus tentang kehumasan di lingkungan pemerintah. Mengingat tantangan kehumasan pemerintah yang demikian besar di tengah perkembangan IPTEK; strategi politik lokal dan nasional yang dinamis; serta rencana pemerintah akan mencetak…
Buku ini membicarakan malapraktik kedokterandari teknis hukum tersebut.Kajianya dari sudut hukum pidana, perdata dan administrasi kedokteran.Dijelaskan pula tentang peranan hukum dalam menentukan dan menyelasaikan malapraktik kedokteran.
Buku ini menyajikan fakta empirik dan analisis kritis mengenai kinerja birokrasi publik di Indonesia. Berbagai faktor yang menjadi penyebab dari buruknya kinerja birokrasi publik dibahas secara mendalam dalam buku ini. Lebih dari itu, buku ini juga menawarkan pilihan-pilihan kebijakan yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mereformasi birokrasinya.
Implementasi kebijakan merupakan persoalan yang penting di Indonesia. Pasalnya, setiap tahun pemerintah mengeluarkan dana ribuan triliun rupiah untuk mendanai berbagai program pembangunan. Sayangnya realitas yang ada menunjukkan bahwa implementasi berbagai program tersebut lebih banyak yang gagal daripada yang berhasil. Praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) menjadi batu sandungan serius …
Kebijakan publik merupakan salah satu dimensi pokok dalam ilmu dan praktik Administrasi Publik. Sebagai salah satu unsur penting dalam Administrasi Publik, Kebijakan Publik dianalogikan fungsinya sama dengan fungsi otak pada tubuh manusia, karena melalui instrumen ini, segala aktivitas kehidupan bernegara, dan bermasyarakat mulai dilakukan oleh birokrasi, plus pihak swasta dan masyarakat. Da…